Dwi Pristiawati
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
@owipr

Halo temen-temen!

Seperti yang aku janjikan pada Thailand Stories part satu dan tiga, aku akan bocorin nih ke temen-temen gimana caranya bisa dapat scholarship atau fully funded program di Singanakhon, Songkhla, Thailand Selatan.

Pertama

Aku orangnya itu nggabisa diem, baik dunia nyata maupun media sosial jadi dimanapun itu aku tetap cari-cari kegiatan dan sampailah pada satu akun atau platform yang isinya tentang program pertukaran pelajar, konferensi, kegiatan relawan, magang atau kegiatan baik lainnya. Aku tertarik nih sama salah satu program yang namanya “Learn From Thailand” jadi aku telurusi sampai ketemu akun penyelenggaranya yaitu IYCMS (Indonesia Youth Change Makers Society) 

Kedua

Aku ikuti alur pendaftarannya mulai dari mengisi formulir pendaftaran, upload twibbon dengan caption dan pembayarannya.

Alur pendaftaran ini aku sebut seleksi berkas ya jadi nanti semua peserta diminta mengisi formulir.

saran aku buat temen-temen kalo ngisi formulir yang niat dan serius agar panitia tau bahwa kita juga serius menjadi bagian dari programnya. Dan tulisan kalian sebenernya ngga harus panjang yang penting enak dibaca oleh panitia.

Kedua, gunakan bahasa Inggris karena program yang didaftarkan adalah program Internasional jadi mulai sekarang belajar pelan-pelan untuk menggunakan bahasa Inggris, minimal kalimat untuk berkomunikasi sehari-har

Ketiga

Kalau dulu kamu punya penghargaan yang bisa dibanggakan, jelaskan se-detail mungkin dengan gaya bahasa yang ramah.

Keempat, jangan lupa tetap gunakan bahasa yang baku ya, jangan disingkat.

Kelima, kalau dalam formulir pendaftaran hanya diinginkan maksimal 250 kata, ikuti aturannya dan jangan melebihinya karena beberapa formulir pendaftaran membatasi jumlah kata sama seperti formulir Learn From Thailand IYCMS ini.

Ada beberapa pertanyaan yang biasa terdapat pada formulir pertukaran atau exchange seperti biodata peserta, biodata ayah atau ibu, tujuan, motivasi, program dan masih banyak lagi .

Dan pada tahap ini aku lolos sebagai 50 besar dari 628 pendaftar (8 Negara)

Keempat

Tahap berikutnya adalah tahap pengajuan program menggunakan microsoft power point. Aku buat semaksimal mungkin yang aku bisa, buat teman-teman yang jago design dan punya pemikiran luas nah tahap seleksi ini bisa jadi nilai tambah karena temen temen selain dituntut untuk berpikiran luas juga dituntut untuk kreatif.

Pada tahap ini dikasih waktu sekitar 15 hari untuk menyelesaikan program jadi ngga ada alasan untuk bilang kekurangan waktu, kelupaan atau apapun. Kalau memang serius, pasti dikerjakan dengan baik dan serius.

Dan ternyata pada tahap ini aku lolos lagi. 

Kelima

Aku lolos tahap akhir, yaitu tahap wawancara tapi aku merasa bahwa aku melakukan kesalahan yang fatal karena keterbatasan sinyal di kontrakanku dan membuat panitia menelponku berulang kali. Aku kira aku akan dicancel tapi aku coba menelpon kembali, dengan pedenya aku membuka telepon dengan bahasa Inggris dan ternyata panitia lebih nyaman dan terbuka menggunakan bahasa Indonesia. Dalam wawancara, aku menjual baik baik semua kegiatan yang pernah aku ikuti, aku jelaskan dengan nada bicara yang ramah dan yakinkan bahwa kamu bisa hadir pada saat kegiatan nanti.

Pas buka website pendaftaran, namaku masuk 5 besar dengan biaya full ditanggung oleh program. Alhamdulillah, kan jadi bangga sama diri sendiri. Hehe 

Keenam

Kalau sudah dinyatakan lolos, belum berarti prosedur selesai. Masih ada proses akhir untuk memastikan peserta berangkat atau tidak yaitu tahap konfirmasi dengan melakukan pengiriman Passpor dan titik keberangkatan juga kepulangan pesawat. Jadi kemarin aku di chat personal untuk passpor dan tiket pesawat dari dan ke Thailand.

Sudah deh.

Kalian tertarik? Kalau tertarik harus follow dan update terus informasi tentang program kerelawanan yang ada di Indonesia di instagram @IYCMS atau website di www.iycms.or.id


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

If you have question, you can ask here :)

× How can I help you?