Ucapan Selamat Hari Buruh International dari IYCMS untuk para buruh di seluruh dunia

Kalian tau gak sih kalo tanggal 1 Mei ini merupakan hari Buruh International? Yap! Mungkin gak sedikit yang tau, dan gak sedikit juga yang tau tentang Hari Buruh International. Disini mimin bakal ngebahas secara singkat sejarah dari lahirnya Hari Buruh International loh, supaya pengetahuan kita bisa berkembang dan tentunya bisa lebih peduli dengan adanya buruh di Indonesia;) check it out.

Hari Buruh atau yang biasanya dikenal dengan May Day (1 May) itu untuk memperingati hari keberhasilan para buruh atas usaha meningkatkan ekonomi dan sosial mereka. Biasanya hari ini ditandai dengan hari libur untuk dibeberapa negara. Nah, di Indonesia salah satunya yang menjadikan hari buruh sebagai hari libur nasional. Selamat buat pelajar kalian bisa tidur tenang!!

Sejarah singkat dari awal mulanya tanggal 1 May ini di peringati sebagai hari buruh, dikarenakan para buruh mengalami perjuangan yang keras untuk meminta pemotongan jam kerja. Bayangkan saja, dalam sehari mereka harus bekerja 16 sampai 20 jam di pabrik tempat mereka bekerja dengan upah yang tidak layak dengan waktu yang mereka habiskan. Wah, ya pantas aja para buruh berjuang keras ya.

Akhirnya, pada 1 May 1886, sekitar 400.000 buruh di Amerika Serikat melakukan demonstrasi besar-besaran untuk menuntut pengurangan jam kerja dalam sehari, yang awalnya 16 sampai 20 jam menjadi 8 jam dan tentunya dengan peningkatan upah. Namun, gak semudah yang diharapkan oleh para buruh. Aksi ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit, dimana waktu yang dibutuhkan selama 4 hari sejak tanggal 1 May .

Alih-alih ingin melakukan pawai besar-besaran, Polisi amerika menembaki para demonstran yang memakan ratusan orang tewas dan pemimpin mereka di tangkap dan di hukum mati, dan diberikanlah nama untuk para buruh yang meninggal dengan sebutan martir. Bayangkan saja ya temen-temen change makers, mereka ingin menuntut keadilan malah meregang nyawa :’).

Namun, semua perjuangan para martir gak sia-sia. Karena, 3 tahun setelahnya yaitu pada bulan Juli 2019, Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris menetapkan peristiwa di Amerika Serikat tanggal 1 Mei itu sebagai hari buruh sedunia. Hasil dari kongres tersebut mendapatkan sambutan yang hangat di berbagai negara dan sejak tahun 1890, tanggal 1 Mei dikenal dengan May Day yang mana untuk memperingati kaum buruh di berbagai negara, walaupun tidak sedikit mendapat perlawanan keras dari pemerintah mereka.

NAMUN, BAGAIMANA DENGAN HARI BURUH DI INDONESIA?

Indonesia merupakan salah satu negara yang memperingati hari buruh international sebagai hari libur nasional. Hal tersebut mulai diresmikan oleh presiden ke-6 RI yaitu bapak Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2014.

Namun, sebenarnya Indonesia sudah mulai memperingati hari Buruh tanggal 1 Mei sejak tahun 1920. Namun, sejak pemerintahan Orde Baru hari buruh tidak lagi di peringati di Indonesia, dan sejak saat itu 1 Mei bukan lagi merupakan hari buruh untuk memperingati peranan buruh dalam masyarakat dan ekonomi. Karena, gerakan buruh tersebut dihubungkan dengan gerakan dan faham komunis sejak kejadian G30S pada 1965 ditabukan di Indonesia.

Banyak Pawai yang telah terjadi di Indonesia. Seperti pada tahun 2006 di berbagai kota seperti Jakarta, Lampung, Makassar, Malang, Surabaya dan sebagainya. sedangkan pada tahun 2007 di Jakarta ribuan buruh, mahasisw dan organisasi kepemudaan turun kejalan, begitu pula pada tahun-tahun selanjutnya.

Bagaimana menurut kalian tentang Hari Buruh ini?

Sumber : Wikipedia


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

If you have question, you can ask here :)

× How can I help you?